Selasa, 21 Mei 2013

Gedung Dengan Arsitektur Terbaik


Inilah Gedung dengan Arsitektur Terbaik

detail berita
foto: the 8 house/architecturelist.com
COPENHAGEN - Sebuah gedung hunian yang terletak di Copenhagen, Denmark berhasil menyabet penghargaan kehormatan bidang arsitektur dalam AIA Institute Award 2012 yang diadakan di Denmark baru-baru ini.

Seperti dilansir laman Architecture List, Sabtu (14/1/2012), gedung mewah yang diberi nama The 8 House ini dianggap secara umum memiliki kualitas arsitektur terbaik, sebab mempunyai akses yang memungkinkan penghuninya untuk bersepeda dari jalanan luar hingga penthouse yang berada di lantai 10. The 8 House juga dinilai dewan juri sebagai bangunan yang memiliki keunikan pada bentuknya yang khas serta dapat memberi kontribusi positif pada lingkungan perkotaan.

"Rancangan bangunan The 8 House sangat mahir dalam menciptakan sebuah proyek multifamily. Yang mana hal ini sangat berkaitan erat dengan nilai-nilai hubungan sosial masyarakat, dapat dilihat melalui pembuatan akses jalanan yang memudahkan penghuninya untuk saling berinterkasi satu sama lain dalam satu lingkungan," ujar salah seorang juri AIA Institute Award.

Dia menambahkan, para Arsitek The 8 House yang sangat terampil tersebut telah berhasil membuat sebuah gedung yang super komplit dimana dalam sebuah kawasan terdapat perumahan, tempat belanja, restoran, gedung perkantoran, fasilitas pendidikan, galeri seni, tempat penitipan anak, dan lain-lain.

Selain itu, The 8 House juga memperoleh penilaian positif lainnya dikarenakan lingkungan sekitar bangunan yang dibuat sangat asri, sehingga memudahkan penghuni sekitarnya untuk menikmati udara dan pemandangan yang sejuk dan berolahraga dengan bebas di liar ruangan.

The 8 House dibangun oleh pengembang swasta Denmark BIG, dengan luas 650 ribu meter persegi, yang terdiri dari penggabungan tiga jenis gedung apartemen dan retail atau pusat perbelanjaan seluas 110 ribu meter persegi. Gedung ini juga sebelumnya
telah memperoleh penghargaan sebagai gedung hunian terbaik dari beberapa festival seperti World Architecture Festival 2011 di Barcelona, Scandinavian Roof Award dan penghargaan Utzon untuk penerapan beton gedung yang inovatif.

"Kami merasa terhormat mendapatkan penghargaan ini. Sebab memlalui penghargaan ini juga semakin jelas membuktikan The 8 House berbeda dengan gedung-gedung lainnya. Kami berusaha merancang gedung ini dengan sebuah pendekatan konsep yang kami sebut alkimia arsitektur, yang merupakan sebuah gagasan untuk menggabungkan bahan-bahan alam dan tradisional menjadi sebuah
bangunan modern serta punya nilai cinta lingkungan yang lebih," kata pendiri BIG, Bjark Ingels. (rhs)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...